Google akhirnya meluncurkan versi terbaru dari aplikasi web browser terpopuler Chrome 18. Versi terbaru ini hadir dengan beberapa fitur baru seperti hardware-acccelerated rendering untuk elemen HTML5 Canvas di Windows dan OS X. Dengan memindahkan beban rendering ke GPU maka beban CPU ketika membuka halaman game 2D akan jauh berkurang. Sebenarnya fitur ini telah ada di Chrome versi sebelumnya namun baru kali ini Google benar-benar mengaktifkan fitur ini.
Fitur hardware accelerated baru akan aktif jika berjalan pada GPU yang mendukung. Untuk mengetahui apakah GPU yang anda miliki mendukung fitur ini dan apakah fitur hardware accelerated telah aktif anda bisa mengetik “chrome://gpu” pada address bar. Salah satu fitur lain yang berhubungan dengan game adalah dukungan terhadap standar terbuka WebGL yang menyediakan JavaScript API untuk merender konten 3D di elemen Canvas. Chrome 18 Google memperkenalkan sebuah software backend untuk WebGL berbasis pada teknologi milik TransGaming, SwiftShader. Tambahan ini akan membuat Chrome 18 mampu menampilkan konten WebGL di perangkat-perangkat yang semula tidak mempunyai GPU yang mendukung WebGL. Namun tentu saja performanya tidak dapat disamakan dengan WebGL yang menggunakan hardware-accelerated.
Selain tambahan fitur diatas pada versi terbaru ini Google juga menutu beberapa celah keamaa yang berhasil di ketahui pada ajang kompetisi Pwnium competition. Bagi penguna setia Google Chrome versi terbaru ini telah tersedia lewat fitur auto update. Sedangkan bagi yang baru ingin mencoba Google Chrome bisa mengunjungi link dibawah ini.
Download
0 komentar
Comment Now